Selasa, 13 Maret 2012

EFEK NEGATIF & POSITIF MAKAN PEDAS

guys tau gak sih ternyata makanan pedas ada efek positif n negatifnya lho.. n ini sangat penting buat teman-teman yang suka makan pedas. mau tau efek negatif n positif dari makan pedas?


Selain menambah cita rasa pada makanan dan menambah nafsu makan seseorang, ternyata rasa pedas yang ada di cabai itu bisa membuat tubuh sehat guys.. dan yang lebih bikin penasaran rasa pedas yang dihasilkan cabai disebabkan karena konsentrasi tinggi dari bahan aktif yang disebut capsaicin. apa itu capsaicin?
Capsaicin adalah suatu zat yang ada di bagian dalam cabai tepatnya apabila kita belah cabai maka akan nampak  pangkal yang berwarna putih dimana pangkal tersebut ditempeli oleh biji cabai. jadi di pangkal yang berwarna putih itulah zat capsaicin berada, zat capsaicin inilah yang membuat cabai menjadi pedas dan panas apabila kita mengkonsumsinya. gara-gara zat inilah yang membuat kita kecanduan makan pedas bro (bagi yang suka makan pedas). ok guys langsung aja ke intinya, efek negatif dan positif dari makanan pedas adalah


EFEK POSITIF


1. senyawa turmeric (yang ada dimakanan kari) dalam makanan pedas mempunyai kemampuan untuk mengurangi peradangan pada sendi dan kerusakan tulang pada manusia, sehingga bisa bermanfaat bagi temen-temen yang sakit arthritis (peradangan sendi).


2. beberapa penilitian menunjukan konsumsi cabai dan kari secara teratur dapat mengurangi risiko terkena kanker. zat capsaicin dalam cabai bisa membunuh sel kanker dengan menyerang mitokondria tanpa merusak sel-sel yang sehat serta meringankan rasa sakit di mulut bagi penderita kanker, sedangkan kurkumin pada bumbu kari memiliki efek anti kanker.


3. makanan pedas dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan bekuan darah.


4. mengkonsumsi makanan rempah seperti cabai bisa membuat seseorang berkeringat sehingga mengurangi derita saat pilek dan flu.


5. sebuah studi menetapkan makanan pedas bisa mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat.


6. mengkonsumsi cabai bisa meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan menurunkan tekanan darah, serta tingginya kadar vitamin A dan C bisa membantu memperkuat dinding pembuluh darah yang membuatnya menjadi elastis dan mampu menyesuaikan diri dengan perbedaan tekanan darah. 


7. mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan, zat capsaicin diketahui bisa mengurangi kadar dari zat P yaitu suatu neurotransmitter dari sinyal rasa sakit.


EFEK NEGATIF


1. mengkonsumsi makanan pedas bisa menimbulkan iritasi dengan membentuk pola aneh (mengubah geografis) dari lidah.


2. terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas bisa mengurangi lapisan pelindung lambung, yang akhirnya lapisan ini akan semakin menipis dan membuat lambung rentan terkena infeksi.


3. pada sebagian orang makanan pedas bisa menggangu produksi asam lambung sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.


4. makanan pedas bisa memberikan pengaruh buruk terhadap kualitas tidur atau menyebabkan insomnia. hal ini karena makanan pedas meningkatkan suhu tubuh dan siklus pertama dari tahapan tidur sangat sensitif terhadap makanan yang pedas. untuk itu bagi temen-temen hindari makan pedas di malam hari terutama saat mau tidur.


5. terus menerus mengkonsumsi makanan pedas bisa mengurangi sensasi rasa di lidah sehingga seseorang menjadi kurang bisa mengenali rasa dari makanan atau minuman yang dikonsumsinya.


Tanda-tanda seseorang sudah tidak kuat makan pedas yaitu bila perutnya terasa panas. bagi seseorang yang memiliki gangguan pencernaan (gangguan usus dan lambung) disarankan untuk menghindari atau mengurangi makanan pedas agar tidak memperburuk kondisinya.


Ok guys hanya itu saja yang bisa saya bagikan, bagi temen-temen yang suka makan pedas bisa melihat efek positif dan negatifnya. tapi apabila segala sesuatu dilakukan secara berlebihan akan menjadi tidak baik, jadi lakukan yang sewajarnya saja..

4 komentar: